Kamis, 20 Maret 2014

ANALISIS IKLAN CETAK



ANALISIS IKLAN CETAK

 

a.         Kopi Nescafe

Dilihat dari kesatuan poster iklan tersebut terdapat beberapa hal yang kurang yaitu antara gambar dan tipografi terlihat tidak proposional. Terlihat sekilas antara tulisan dan gambar tidak sesuai karena gambar terlalu besar dan tulisan keterangan menjadi tidak begitu terlihat mengakibatkan focus hanya pada gambar. Namun kualitas foto produk sudah pas dan pemilihan warnanya sudah tepat.
a)      Layout :
Tujuan dari pembuatan iklan kurang tercapai karena penataan yang kurang tepat. Misalnya varian produk pada bagian bawah yang banyak menimbulkan salah focus pada pembacaan poster iklan tersebut. Seharusnya hanya ada satu produk saja yang ditampilkan apabila ingin lebih difokuskan. Kemudian penataan biji kopi kurang pas apabila hanya ditaburkan hingga setengah halaman. Lebih baik ditambahkan full halaman namun semakin ke kanan di tabur semakin sedikit untuk memanfaatkan tempat kosong.
b)      Tipografi :
Pemilihan font pada keterangan produk kurang  menunjukkan karakter dari Nescafe. Pemilihan font tersebut menimbulkan efek kebosanan karena font yang hanya begitu saja dan kurang menarik. Karakter tulisan kurang terlihat menyenangkan dan bersahabat seperti tagline pada Nescafe. Tebal dan tipis font sudah pas, namun masih terlihat terlalu sederhana.
c)      Ilustrasi dan foto :
Untuk foto produk sudah pas, namun yang masih kurang adalah foto pada biji kopi yang terlihat tidak menyatu pada bagian bawah cangkir yang ditata terbalik dengan biji kopi yang lain.
d)     Simbolisme :
Symbol produk sudah pas dan terlihat berkarakter. Symbol Nescafe yang sederhana sehingga mudah diingat oleh konsumen. Simbol yang diletakkan dibagian tengah dengan huruf besar akan dengan mudah orang mengerti produk yang diiklankan.
e)      Warna :
Daya tarik warna sudah pas, jika merah dipadukan dengan coklat dan hitam menimbulkan efek psikologi kehangatan. Pemilihan warna tersebut menjadikan emosi psikologi konsumen menjadi bergairah dan berkarakter.


b.        Handbody Lovely

a)      Layout
Penataan gambar dan tulisan kurang pas karena terlalu dominan gambar model terlalu besar. Sehingga keterangan produk kurang menonjol dan focusnya jadi pada model bukan pada produk.
b)      Tipografi
Banyaknya perbedaan warna pada font membuatnya menjadi aneh dan tidak singkron antara tulisan satu dengan yang lain. Warna yang dipilih juga tidak berkesinambungan antara warna satu dengan yang lain, warna terlalu jauh antar hitam biru matang, dan merah muda matang. Terlalu banyak jenis font yang digunakan menjadi satu sehingga dianggap kurang konsisten. Banyaknya jenis font yang digunakan memberi kesan berlebihan sehingga orang yang melihat tidak tertarik untuk membaca.
c)      Foto
Foto model yang digunakan sudah pas, namun sebaiknya tidak ada yang dibuat lebih menonjol jadi seimbang dan serasi. Pemilihan girl band dengan personil yang banyak sebaiknya ditampakkan sama rata.
d)     Simbolisme
Terlalu banyak ornament di dalam iklan cetak produk lovely ini. Untuk penempatan logo menurut kami seharusnya tidak usah karena sudah diwakili oleh gambar produk handbody lovely.
e)      Warna
Untuk keseluruhan warna pada layout dan tulisan sudah pas seperti apa yang diinginkan oleh lovely yaitu memberikan kesan kelembutan. Dominan warna putih dipadupadankan dengan merah muda dan biru muda menghasilkan warna yang lembut dan kalem. Efek yang ditimbulkan adalah warna-warna feminism yang cocok untuk perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar