Rabu, 30 April 2014



SOAL
1    Analisis apakah tepat radio dipakai sebagai sarana periklanan di Indonesia sebagai negara kepulauan?
2     Bagaimana membuat iklan radio yang baik?
JAWABAN
1   Menurut kami sudah tepat karena radio merupakan media yang memiliki jangkauan selektif terhadap segmen pasar tertentu dan kalangan pendengar setianya sendiri. Di Indonesia yang wilayahnya merupakan kepualauan sangat luas, radio sudah tersebar luas dan menjawab kebutuhan komunikasi lebih dulu daripada televisi. Radio,selain itu lebih bersifat interaktif terhadap para pendengarnya sehingga pendengarnya merasa seolah-olah sedang berkomunikasi dua arah. Radio bersifat lokal di setiap wilayah, hal ini akan menimbulkan efek kedekatan, karena tentu gaya setiap radio akan mengikuti kebudayaan di wilayah tersebut.
2   Iklan radio yang paling baik hanya menyampaikan point-point utama iklan tanpa panjang lebar dan basa-basi agar orang dapat menangkap dan tidak bosan. Selain itu iklan melalui radio yang efektif disiarkan saat prime time atau jam-jam yang paling banyak orang mendengarkan. Dan iklan seharusnya diiklankan di sela-sela program favorit atau andalan stasiun radio tersebut.
a.       Menulis untuk berbicara, bukan untuk dibaca atau ditatap. Elemen radio adalah suara bukan teks. Dengan demikian, estetika yang dibuat adalah untuk indra pendengaran bukan indra penglihatan.
b.      Menulis sebagai bentuk komunikasi langsung. Copywriting yang dihasilkan juga bersifat langsung kepada target audience, yaitu pendengar radio. Tidak ada istilah pihak ketiga atau pihak keempat yang harus dituju.
c.       Menulis dalam kerangka kreatif dari individu ke individu. Komunikasi siaran radio adalah hubungan antarpribadi. Citra yang dihidupkan adalah medium komunikasi personal. Sehingga copywriting yang diciptakan harus mencapai keakraban komunikasi personal, dengan jalan:
- Menghindari menulis dengan berpidato, kecuali jika memang konsep kreatifnya demikian.
- Bunyi tulisan harus membentuk suasana informal
- Copywriting harus menciptakan suasana akrab dan bersahabat
- Copywriting harus komunikatif, to the point. Satu ide, satu kalimat, serta ringkas dan padat.
d.      Menulis dengan prinsip sekali ucap, langsung dimengerti. Karena syarat mutlak naskah radio adalah Clarity has Top Priority (kejelasan adalah prioritas utama). Kalimat yang panjang harus dibuat menjadi pendek dan sederhana.
e.       Menulis dengan kesadaran bahwa hasil karyanya akan diwujudkan dalam bentuk suara. Kata dan gayanya berperan sebagai jembatan komunikasi sehingga peran penjualan dapat tersalurkan dengan baik, dengan demikian, maka:
- Kata-kata yang digunakan harus bermakna kongkrit,
- Jangan menggunakan kata-kata abstrak yang hanya berkitat di alam pikiran kreatif si copywriter sendiri
- Jangan menggunakan kata yang bunyinya mirip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar